Sunday, January 3, 2016

8:08 AM
Namanya adalah Muhamad Solihin. Seorang sarjana muda yang berhasil sukses berbisnis oleh-oleh khas Lampung. Meskipun menyandang gelar seorang sarjana, Muhamad Solihin lebih memilih untuk menonjolkan jiwa enterpreneurnya dibandingkan memilih untuk mengejar lowongan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh teman-temannya.

Pria yang hobi online ini memulai kariernya pada awal bulan desember 2010. Terinspirasi dari banyaknya usaha keripik pisang disekitar tempat tinggalnya, ia mencoba sebuah inovasi baru yakni dengan menjual keripik pisang secara online. Sebelum memulai bisnis keripik pisang online, Muhammad Solihin adalah seorang pengusaha warnet (warung internet). Karena melihat besarnya peluang bisnis oleh-oleh khas Lampung secara online, Muhammad Solihin nekat menyewa domain dan hosting sendiri dan kemudian membuat sebuah toko online. Mengesankannya lagi, pria ini membuatnya secara otodidak.

Meskipun berbisnis dengan toko online terlihat mudah, namun sebenarnya tidak seperti itu. Tetap saja membutuhkan usaha dan kerja keras yang tak sedikit. Hal ini terbukti pada Muhammad Solihin. Sebagai seorang lulusan fakultas pertanian ia harus belajar banyak mengenai website, domain, hosting dan juga bagaimana mengoptimasikannya. Namun meskipun ia mengalami banyak kesulitan, hasil yang berhasil diperoleh Muhamad Solihin pun sesuai dengan proses yang ia jalani. Dengan toko online nya ini ia bisa mendapatkan omset mencapai 100 juta pertahun.

Muhammad Solihin sangat fokus untuk memasarkan produknya ini melalui media online. Seperti website, media sosial, dll,. Dibantu dengan enam orang karyawannya kini Muhamad Solihin telah berhasil menjadi salah satu pengusaha muda sukses di Indonesia. Meskipun tidak memproduksi oleh-olehnya sendiri, namun Muhammad Solihin mampu dan berhasil menjebatani Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk bisa menyampaikan produknya ke pada para distributor dan toko-toko besar. Dan berkat usahanya ini ia berhasil pula membawa produk asli indonesia untuk bersaing dengan produk dari luar negeri yang sedang gencar membanjiri Indonesia.

Sebagai masyarakat lampung sendiri saya sangat bangga dengan sosok pengusaha muda seperti Muhamad Solihin ini. Ia berhasil membawa nama daerah Lampung ke kancah nasional dan bahkan mungkin Internasional. Semoga saja berkat usahanya ini setidaknya daerah Lampung yang tadinya terkenal dengan tingkat kriminalitas yang tinggi kini bisa terkenal dengan para pengusaha mudanya yang inspiratif dan juga inovatif.

0 comments:

Post a Comment